Tuesday 8 September 2015

Satuan Acara Perkuliahan Sejarah Pendidikan Islam TA 2015 - 2016

INSTITUT AGAMA ISLAM IMAM GHAZALI (IAIIG) CILACAP
Satuan Acara Perkuliahan/Rencana Pembelajaran Semester
Berdasarkan Permen No. 49 tahun 2014 SNPT
Pasal 12

Program Studi
:
Pendidikan Agama Islam
Revisi ke
:
.......................................................
Kode / Nama Mata Kuliah   
:
PAI.010 / Sejarah Pendidikan Islam
Tgl revisi 
:
.......................................................
Satuan Kredit Semester
:
2 SKS
Tgl mulai berlaku
:
.......................................................
Jml Jam kuliah dalam seminggu
:
150 Menit tatap muka
150 Menit pekerjaan di luar kelas
Dosen penyusun
:
Ahmad Mukhlasin, S.Pd.I., M.Pd.I
Jml Jam kegiatan laboratorium
:
110 Menit
Penanggungjawab Keilmuan
:
Hj. Ma’rifah, S.Pd.I
Standar Kompetensi                    
:
Mahasiswa mampu  memahami perjalanan Sejarah Pendidikan Islam pada massa Rosilullah S.A.W hingga pada peradaban pendidikan Islam era neo post modern.
Proses Integrasi-interkoneksi di level filosofis:





a.    Sejarah Pendidikan Islam mendorong mahasiswa untuk selalu bertindak objektif, berpikir logis dan mampu menentukan kebijakan yang bersumber dari tamsil sejarah
b.    Proses Integrasi-interkoneksi di level strategi :  kuliah Sejarah Pendidikan Islam dilakukan dengan berbagai strategi pembelajaran aktif dari analisis sejarah yang mendorong terjadinya kerjasama dan proses inquiry supaya pemahaman sejarah tidak sebatas fiktif,  sehingga dengan diintegrasikan  berdasar Al-Quran, hadits,  nilai kebudayaan (tradisional) dan produk modern diharapkan mahasiswa dapat menentukan sikap / kebijakan  pada kehidupan dan keilmuan sehari - hari di lingkungan sosial maupun akademik.
Matakuliah pendukung Integrasi-Interkoneksi:       





a.    Al Qur’an
b.    Al Hadits
c.    Sejarah Islam
d.    Sejarah Kebudayaan Lokal   
e.    Ilmu Sosial



Level integrasi-interkoneks :





a.   Sejarah
b.   Filosofi
c.    Strategi
d.    Sosial
e.    Budaya






                                                               
Deskripsi Umum Mata kuliah: 





a.    Mata kuliah ini memberikan bekal kemampuan mahasiswa dari penguasaan materi Sejarah Pendidikan Islam yang nantinya akan diajarkan di Sekolah / Madrasah, lingkup masyarakat dan pembelajarannya sebagai bekal untuk menjadi pendidik (guru) yang profesional maupun peneliti sejarah. Untuk mencapai tujuan tersebut selain melalui ekspositori dan diskusi, mahasiswa diberikan tugas secara kelompok dan tugas individu juga penggalian Sejarah Pendidikan Islam di Daerah Masing-masing.
b.    Selain itu diberikan beberapa konsep tentang pengalian dan analisis sejarah.
c.    Pelaksanaan pembelajaran menggunakan strategi pembelajaran aktif berbasis inquiry:  inquiri sosial, bermain peran, simulasi, observasi Sejarah dsb.







Pert
ke :
Kompetensi Dasar
Indikator
Pokok bahasan/ Materi
Aktifitas Pembelajaran
Referensi/
Sumber Belajar
1


Kontrak Belajar, model penelitian sejarah, Pengertian dan ruang lingkup Sejarah pendidikan Islam.
- memahami kontrak belajar
- memahami 3 model penelitian sejarah
- memahami Pengertian dan ruang lingkup Sejarah pendidikan Islam

1.  Pengenalan materi
2.  Model penelitian sejarah
3.  Pengertian dan ruang lingkup kajian Sejarah Pendidikan Islam
1. Kuliah dibuka dengan Basmalah
2. Dosen menggali pengamatan mahasiswa terhadap pemahaman tentang model penelitian sejarah.
3. Mahasiswa memahami model penelitian sejarah.
4. Mahasiswa dapat memberikan 3 contoh hasil penelitian sejarah.
5. Mahasiswa mampu memahami Definisi Sejarah.
6. Mahasiswa mampu memahami dan menguasi ruang lingkup kajian Sejarah Pendidikan Islam.
7. Membentuk kelompok Diskusi
[1], [3], [5], [6], [7], [8]
2
Menguasai dan memahami Strategi Da’wah Nabi Muhammad S.A.W Makkah
-   Memahami kultur Masyarakat Makkah Pada Saat Nabi Muhammad S.A.W berda’wah
-   Memahami Strategi Da’wah Nabi Muhammad S.A.W di  Makkah
Pejalanan Pendidikan Islam Periode Nabi Muhammad di Makkah
1. Kuliah dibuka dengan basmalah
2. Pembahasan Pejalanan Pendidikan Islam Periode Nabi Muhammad di Makkah
3. Mendiskusikan Strategi Da’wah Nabi Muhammad S.A.W di Makkah
4. Mahasiswa dapat menjelaskan 3 contoh da’wah Nabi Muhammad S.A.W di Makkah
5. Mahasiswa mampu menganalisis Rekam Jejak da’wah Nabi Muhammad S.A.W di Makkah
[1], [3], [5], [6], [7], [8]
3
Menguasai dan memahami alasan dan tujuan Da’wah Nabi Muhammad S.A.W Madinah
-   Mahasiswa menyebutkan alasan Nabi Da’wah di Madinah
-   Mahasiswa menyebutkan tujuan Nabi Da’wah di Madinah
Pejalanan Pendidikan Islam Periode Nabi Muhammad di Madinah
1.  Kuliah dibuka dengan basmalah
2.  Diskusi tentang alasan dan tujuan Da’wah Nabi Muhammad S.A.W Madinah
3.  Bentuk kegiatan da’wah di Madinah
4.  Menjelaskan runtutan dan Hasil Hijrah Nabi Muhammad S.A.W di Madinah
[1], [3], [5], [6], [7], [8]
4
Memehahami Nilai Pendidikan Masyarakat Yang dibangun Oleh Khalifaur Rasyidin
Menjelaskan tentang penataan masyarakat yang dilakukan oleh Khalifaur Rasyidin
Pendidikan Islam Periode Khulafaur Rasyidin
-   Abu Bakar
-   Umar bin Khottab
-   Utsman bin Affan
-   Ali bin Abi Thalib
1.  Kuliah dibuka dengan basmalah
2.  Diskusi tentang pengangkatan Khulafaur Rasyidin
3.  Sepak terjang Khulafaur Rasyidin dalam perkembangan Pendidikan Islam
4.  Perpolitikan Khulafaur Rasyidin
5.  Gerakan da’wah Khulafaur Rasyidin ditengah masyarakat non Islam
[1], [3], [5], [6], [7], [8]
5
Memahami gerakan dan perkembangan keilmuan pada masa kejayaan Kerajaan Bani Ummayyah
Mahasiswa mampu menjelaskan :
1.     posisi ilmu dan pengetahuan pada masa Kerajaan Bani Ummayyah
2.     hasil perkembangan pendidikan dan intelektualitas Islam pada masa kejayaan Kerajaan Bani Ummayyah
3.     Strategi Kebudayaan dan Rasionalitas pada masa kejayaan Kerajaan Bani Ummayyah
Pendidikan Islam pada masa kejayaan Kerajaan Bani Ummayyah
1.  Kuliah dibuka dengan basmalah
2.  Diskusi tentang posisi ilmu dan pengetahuan pada masa Kerajaan Bani Ummayyah
3.  Diskusi tentang hasil perkembangan pendidikan dan intelektualitas Islam pada masa kejayaan Kerajaan Bani Ummayyah
4.  Diskusi tentang Strategi Kebudayaan dan Rasionalitas pada masa kejayaan Kerajaan Bani Ummayyah
[1], [3], [5], [6], [7], [8]
6
Mengetahui Sumbangsih nilai-nilai pendidikan Islam Pada masa kekuasaan Abbasiyah
- Perkembangan Lembaga Pendidikan
- Sistem pendidikan di sekolah-sekolah
- Penangana kesehatan dan kemasyarakatan

Pendidikan Islam pada masa kekuasaan Abbasiyah
1.   Kuliah dibuka dengan basmalah
2.   Perkembangan Lembaga Pendidikan
3.   Sistem pendidikan di sekolah-sekolah
4.   Penangana kesehatan dan kemasyarakatan

[1], [3], [5], [6], [7], [8]
7
Memahami Perkembangan pendidikan dan peradaban Islam pada saat kejayaan Kerajaan Turki Utsmani
Mahasiswa mampu menjelaskan tentang :
-     Tingkatan pendidikan
-     Sistem pembelajaran
-     Tokoh-tokoh pendidikan
-     Fungsi Madrasah
Perkembangan pendidikan dan peradaban Islam pada saat kejayaan Kerajaan Turki Utsmani

1.   Kuliah dibuka dengan basmalah
2.   Diskusi tentang Tingkatan pendidikan
3.   Simulasi Sistem pembelajaran
4.   Penelusuran Tokoh-tokoh pendidikan
5.   Fungsi Madrasah
[1], [3], [5], [6], [7], [8]
U J I A N   T E N G A H   S E M E S T E R

8
Memahami gerakan, strategi dan akulturasi kebudayaan
Mahasiswa mampu menjelaskan
-     gerakan dan strategi dakwa perkembangan Islam di Nusantara
-     Pelaku Da’wah
-     Jenis Budaya hasil akulturasi Islam
Perkembangan dan Setrategi Pendidikan Islam di wilayah Nusantara (oleh Tokoh Penyebar)
1.  Kuliah dibuka dengan basmalah
2.   Macam gerakan dan strategi dakwa perkembangan Islam di Nusantara
3.   Diskusi tentang wali / tokoh da’wah Islam
4.   Analisis Jenis Budaya hasil akulturasi Islam
[2], [4]
9
Memahami
Lembaga Masyarakat Berbasis Islam,
Perkembangan pendidikan dunia Islam,
Nuansa gerakan Islam dalam politik dan pemerintahan
Mahasiswa mampu menjelaskan tentang pergerakan Islam di Indonesia
-     Lembaga Masyarakat Berbasis Islam
-     Perkembangan pendidikan dunia Islam
-     Nuansa gerakan Islam dalam politik dan pemerintahan

Keberagaman pendidikan dan  perkembangan Islam Massa Pergerakan di Indonesia
1.  Kuliah dibuka dengan basmalah
2.   Diskusi tentang pergerakan Islam di Indonesia
3.   Diskusi Lembaga Masyarakat Berbasis Islam
4.   Perkembangan pendidikan dunia Islam
5.   Telaah Nuansa gerakan Islam dalam politik dan pemerintahan

[2], [3], [4],
10
Telaah dan pemahaman Perkembangan Pendidikan Islam dan pengaruh Kebijakan Pemerintah (negara) Indonesia
Mahasiswa mampu menjelaskan Perkembangan Pendidikan Islam dan pengaruh Kebijakan Pemerintah (negara) Indonesia
-     kemajuan dan kemunduran Pendidikan Islam di Indonesia
-     Bentuk-bentuk gerakan pendidikan Islam di Indonesia
-     Tokoh-tokoh pergerakan pendidikan Islam di Indonesia
Perkembangan Pendidikan Islam dan pengaruh Kebijakan Pemerintah (negara) Indonesia
1.  Kuliah dibuka dengan basmalah
2.  Diskusi tentang kemajuan dan kemunduran Pendidikan Islam di Indonesia
3.  Bentuk-bentuk gerakan pendidikan Islam di Indonesia
4.  Tokoh-tokoh pergerakan pendidikan Islam di Indonesia
 [3], [4]
11
Memahami
Tokoh Pendidikan Islam, Pemikiran, Penerapan hasil pemikiran Tokoh pendidikan Islam lingkup Nasional
Dampak sosial masyarakat hasil pemikiran Tokoh pendidikan Islam
Mahasiswa mampu menyebutkan:
-     Tokoh Pendidikan Islam
-     Pemikiran
-     Penerapan hasil pemikiran Tokoh pendidikan Islam lingkup Nasional
-     Dampak sosial masyarakat hasil pemikiran Tokoh pendidikan Islam
Tokoh-tokoh ke kinian Indonesia dan pengaruhnya dalam perkembangan sejarah Pendidikan Islam
1.   Kuliah dibuka dengan basmalah
2.   Diskusi tentang :
-     Tokoh Pendidikan Islam
-     Pemikiran
-     Penerapan hasil pemikiran Tokoh pendidikan Islam lingkup Nasional
-     Dampak sosial masyarakat hasil pemikiran Tokoh pendidikan Islam
[9], [10], [11]
12
Akulturasi nilai Pendidikan Islam di tengah masyarakat kosmopolitan modern : Menjelaskan kebutuhan religiusitas masyarakat kosmopolitan, menganalisis corak masyarakat kosmopolitan, membuat solusi religious untuk masyarakat kosmopolitan, strategi penanaman budaya Islami di tengah-tengah masyarakat kosmopolitan
Mahasiswa mampu :
-     Menjelaskan kebutuhan religiusitas masyarakat kosmopolitan
-     menganalisis corak masyarakat kosmopolitan
-     membuat solusi religious untuk masyarakat kosmopolitan
-     strategi penanaman budaya Islami di tengah-tengah masyarakat kosmopolitan
Akulturasi nilai Pendidikan Islam di tengah masyarakat kosmopolitan modern
1.   Kuliah dibuka dengan basmalah
2.   Mahasiswa menentukan kebutuhan religiusitas masyarakat kosmopolitan
3.   menganalisis corak masyarakat kosmopolitan
4.   Temuan sebagai solusi religious untuk masyarakat kosmopolitan
5.   Diskusi penanaman budaya Islami di tengah-tengah masyarakat kosmopolitan
[2], [9], [10], [11]
13
Corak dan perkembangan Pendidikan Islam dalam lingkup Tekhnologi,  Pemanfatan, keberhasilan dan kegagalan pendidikan Islam dalam pemanfaatan tekhnologi
Mahasiswa mampu memberi contoh:
-     pemanfaatan tekhnologi untuk perkembangan Pendidikan Islam
-     Keberhasilan dan kekgagalan pendidikan Islam dalam pemanfaatan tekhnologi
Corak dan perkembangan Pendidikan Islam dalam lingkup Tekhnologi. 
1.  Kuliah dibuka dengan basmalah
2.  Diskusi pemanfaatan tekhnologi untuk perkembangan Pendidikan Islam
3.  Keberhasilan dan kekgagalan pendidikan Islam dalam pemanfaatan tekhnologi
[9], [10], [11]
14
Karya mahasiswa tentang Sejaran Pendidikan Islam dalam masyarakat Mikro
Mahasiswa mampu menggali Sejaran Pendidikan Islam dalam masyarakat Mikro
Pengalian Sejaran Pendidikan Islam dalam masyarakat Mikro
1. Observasi
2. Tugas out class
3. Pemanfaatan Tekhnologi
[0]

Daftar Referensi                            
ü  Wajib :
1.   Abuddin Nata, Sejarah Pendidikan Islam, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2001
2.   Agus Sunyoto, Atlas Wali Songo, Malang: Pustaka IimaN,  Depok. 2012
3.   Dewan Redaksi Ensiklopedi Islam, Ensiklopedi Islam, Jakarta, Ichtiar Baru Van Hoeve, 2003
4.   Haris Firdaus, NU, Persis Atau Muhammadiyah, Bandung:  Mujahid Press, 2004
5.   Imam as-Suyuthi, Tarikh Khulafa’; Sejarah Penguasa Islam: Khulafa’urrasidin, Bani Umayyah, Bani Abbas, cet. I, Jakarta: Pustaka al-Kautsar, 2001.
6.    Manshur Amin, Muhammad, Sejarah Peradaban Islam, Bandung: Indonesia spirit Foundation, 2004.
7.   Samsul Nizar, Sejarah Pendidikan Islam (Menelusuri Jejak Sejarah Pendidikan Era Rasulullah), Edisi Revisi, Jakarta: Kencana Prenada Media Group,
8.   Zuhairini, dkk, Sejarah Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara, 2000
ü  Disarankan :
9.   Laode Ida, NU Muda Kaum Progresif dan Sekularisme Baru, Jakarta, Erlangga, 2004
10. M. Nur Kholis Setiawan, Akar-akar Pemikiran Progresif dalam Kajian al-Qur’an, Yogyakarta: elSAQ Press, 2008
11. Taufik Adnan Amal, Islam dan Tantangan Modernitas, Bandung: Mizan, 1994

SUMBER BELAJAR:
1.   Buku
2.   web
3.   Benda dokumen sejarah
4.   Materi sejarah
5.   Benda Tekhnologi dll   

PERSENTASE PENILAIAN

Tugas
30 %
UTS
30 %
UAS
30 %
Kehadiran
10%

Disusun oleh :
Diperiksa oleh :
Disahkan oleh :





Ahmad Mukhlasin, S.Pd.I., M.Pd.I
Penanggungjawab Keilmuan



   
Hj. Ma’rifah, S.Pd.I
Ketua Jurusan/
Program Studi



Hj. Ma’rifah, S.Pd.I
Dekan




Lumaur Ridho, S.Psi., M.Pd