Sunday 10 January 2016

SEJARAH PENDIDIKAN ISLAM (UTS GASAL 2014 -2015)

UTS GASAL
SEJARAH PENDIDIKAN ISLAM
KELAS 3 TARBIYAH-PAI.C
DOSEN PENGAMPU : AHMAD MUKHLASIN, S.Pd.I., M.Pd.I
 +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++


1.     Jelaskan secara singkat pembahasan Ilm Tarih !
2.     Apa yang saudara pahami tentang orderly description of past event !
3.     Sebut dan jelaskan hal apa saja yang menurut saudara dapat menjadi tolak ukur meningkatnya pendidikan Islam dalam peradaban sejarahnya !
4.     Bagaimana penjabaran saudara tentang lafadz “  اِقْرَأْ yang terdapat dalam  Qs : 096 : 1 !
5.     Bagaimana cara saudara untuk turut sera dalam mengembangkan peradaban pendidikan Islam !

Pembelajaran Aqidah Akhlak MI (UTS GASAL 2015-2016)

UTS GASAL
Pembelajaran Aqidah Akhlak MI
5 TARBIYAH-PGMI.C / 2015-2016
DOSEN PENGAMPU : AHMAD MUKHLASIN, S.Pd.I., M.Pd.I

1.      Jelaskan pengertian Aqidah dan Akhlak berikut masing-masing 3 (tiga) contoh ! [skor maksimal : 15]
2.      Sebut dan jelaskan 3 (tiga) hal yang harus dilakukan guru agar peserta didik senantiasa mejalankan perilaku terpuji ! [skor maksimal :20]
3.      Apa saja yang harus dipersiapkan guru untuk memperlancar KBM tentang Asmaul Khusna pada kelas III Madrasah Ibtidaiyah ! [skor maksimal :25]
4.      Buatlah satu kisah untuk mempermudah KBM tentang sopan santun kepada tetangga ! [skor maksimal : 20]
5.      jujur dan percaya diri adalah ciri pribadi yang beriman”. Jelaskan maksud dan tujuan tentang hal tersebut terkait dengan nilai aqidah dan akhlak ! [skor maksimal :20]

DESAIN PEMBELAJARAN PAI (UTS TA 2014/2015)

UTS GENAP
DESAIN PEMBELAJARAN PAI
KELAS 4 TARBIYAH-PAI.A TA 2014/2015
DOSEN PENGAMPU : AHMAD MUKHLASIN, S.Pd.I., M.Pd.I


1.      Desain Pembelajaran adalah sebagai sebuah “proses”, Jelaskan dan berilah skema penerapan pada cabang pembelajaran Pendidikan Agama Islam !  (skor maksimal 15)

2.      Jelaskan penerapan tentang Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation untuk pembelajaran Pendidikan Agama Islam! (skor maksimal 25)

3.      Sebutkan dan jelaskan 2 (dua) ciri utama pendekatan sistem pembelajaran berikut contoh penerapannya dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam ! (skor maksimal 25)

4.      Sebutkan 2 (dua) metode dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan beri alasan yang tepat dengan memperhatikan karakter peserta didik “pendiam” ! (skor maksimal 20)

5.      Sebutkan dan jelaskan 3 (tiga) hal yang harus diperhatikan dalam pemanfaatan  Media sebagai alat bantu KBM ! (skor maksimal 15)

BAHASA ARAB (UTS GASAL / 2014 -2016)

UTS GASAL
BAHASA ARAB
KELAS 1 TARBIYAH-PAI.B
DOSEN PENGAMPU : AHMAD MUKHLASIN, S.Pd.I., M.Pd.I



ترجـم إلى لغة الانـدونيسي !
١.
الكلام هو اللفظ المركب المفيد بالوضع .وأقسامه ثلاثة : اسم، وفعل، وحرف جاء لمعنى. فالاسم يعرف : بالخفض، والتنوين، ودخول الألف واللام، وحروف الخفض وهي : من وإلى وعن وعلى وفي ورب والباء والكاف واللام وحروف القسم وهي : الواو والباء والتاء.

-

ما الفرق بين المـذكـر و المـؤنـث !
٢.
اجـعـل الـكلام بهـذه الـكلمـات !
٣.
=
هُـوَ
-

=
هِـي
-

=
هـذَا
-

=
هـذِهِ
-

=
الـكـتاب
-

=
سـبـورة
-


SEJARAH PENDIDIKAN ISLAM (UAS GASAL 2014/2015)

UAS GASAL
SEJARAH PENDIDIKAN ISLAM
KELAS 3 TARBIYAH-PAI.C / 2014/2015
DOSEN PENGAMPU : AHMAD MUKHLASIN, S.Pd.I., M.Pd.I

+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++


1.    Bagaimanakah pola pendidikan Islam era Rosulullah fase Makkah dan Madinah!
2.    Apa yang menjadi penyebab melemahnya dunia pendidikan pada masa Kalifah Ali bin Abi Thalib!
3.    Hal apa saja yang menurut saudara dapat menjadi bukti bahwa Pendidikan Islam pada Masa Kekuasaan Abbasiyyah di Baghdad mengalami perkembangan!
4.    Wali Songo sangat berperan penting dalam perkembangan Islam di Nusantara. Menurut anda, adakan muatan pendidikan baik secara langsung maupun tidak langsung yang menjadi ajarannya? jelaskan!
5.    Jelaskan apa yang dimaksud “paring teken marang kang kalunyon lan wuta; paring pangan marang kang kaliren”. Sebagaimana ajaran Sunan Drajat kaitanya dengan nilai Tauhid dan Sosial!



DESAIN PEMBELAJARAN PAI (UAS GENAP 2014/2015)

UAS GENAP
DESAIN PEMBELAJARAN PAI
4 TARBIYAH-PAI.A / 2014/2015
DOSEN PENGAMPU : AHMAD MUKHLASIN, S.Pd.I., M.Pd.I

++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++

1.      Jelaskan pengertian dan fungsi dari istilah-istilah di bawah ini ! (Skor Maksima 25)
a.
Kurikulum
d.
Program Semesteran
b.
Kalender Pendidikan
e.
Silabus Pembelajaran
c.
Program Tahunan
f.
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

2.      Sebutkan minimal 3 (tiga) keunggulan dan kelemahan dari tipe soal di bawah ini ! (Skor Maksimal 20)
a.       Tipe Pilihan Ganda
b.      Tipe Esai (karangan)
c.       Tipe Benar-salah

3.      Buatlah cara penilaian dengan ketentuan tipe dan aitem soal sebagai berikut ! (Skor Maksimal 35)
Bagian Soal
Tipe dan
Nomor Soal
Tingkat Kesulitan
Pada Aitem soal
Bobot
Skor
I.
Pilihan Ganda (1-50)
-
. . . . . X . . . . .
Jumlah (I)
. . . . .
II.
Isian Singkat (51 – 70)
51 – 59 = Rendah
60 – 66 = Sedang
67 – 70 = Tinggi
. . . . . X . . . . .     . . . . .
. . . . . X . . . . .     . . . . .
. . . . . X . . . . .    =  . . . . .

Jumlah (II)
. . . . .
III.
Uraian (71 – 80)
71 – 72 = Rendah
73 – 76 = Tinggi
77 – 80 = Sedang
. . . . . X . . . . .    . . . . .
. . . . . X . . . . .    . . . . .
. . . . . X . . . . .    . . . . .
Jumlah (III)
. . . . .
Pencapaian skor tertinggi pada nilai akhir = 100

4.      Menurut pendapat saudara, hal apa saja yang perlu diterapkan dalam KBM untuk mendorong peserta didik supaya berkepribadian jujur dalam segala hal ? (Skor Maksimal 20)




BAHASA ARAB (UAS GASAL 2015-2016)

UAS GASAL
BAHASA ARAB
KELAS 1 TARBIYAH-PAI.B / 2015-2016
DOSEN PENGAMPU : AHMAD MUKHLASIN, M.Pd.I

++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++

تَرْجِـمْ إِلَى لُـغَـةَ الأِنْـدُوْنِيْسِي !
١.
فِي تَارِيْـخِ الثَّالِـثِ والعِسْرِيْنَ دِيـْسَمْبـِرْ اِسْـتَـعَارَ مَحْمُوْدُ ثَـلَاثَ كُـتُـبِ التَارِيْخِ فِي الـْمَكْـتَبَةِ. كُلُّـهَا جَدِيْدَةٌ. فَـدَرَسَهَا فِي ثَـلَا ثَـةِ اَيَـامٍ ثُـمَ اَعَادَهَا اِلَى الـْمَكْـتَبَةِ. وَبَعْـدَ اِعَـادَتِـهَا اِسْتَرَى خَمْسَـةَ عَشَرَ تُـفَاحًا اَحْمَرَ. وَاَعْـطَى اَصْحَابَهُ فِي الْمَعْهَـدِ ثُلُـثـُهَا



تَرْجِـمْ إِلَى لُـغَـةَ الْعـرَبِي !
٢.
Sepertiga jeruk itu warnanya merah
ا.

Ruamah Pak Khamid ada di Jalan Tamrin Nomor 26
ب.

Dia (pr) di perpustakaan pukul 8.15 sampai 9.45
ج.




حَـوِّلْ هَـذِهِ الْـكَلِمَاتِ اِلى الـْمُؤَنَـثِ
٣.





هَذَا حَمِيْدٌ ,هُوَ طَالِبٌ
ا.






ذَلِكَ سَعِيْدُ ,هُوَ مُدَرِّسٌ
ب.









اجـعـل الـكلام بهـذه الـكلمـات !
٤.




السَّـاعَـةُ السَّـابِـعَـةُ
ا.





زَرْقَاء
ب.







اَلـرُّبُـعُ
ج.


رَكِّبْ هَـذِهِ الْكَـلِمَاتِ لِتَصِيْرَ كَلَامًا تَامًّا !
٥.
فِي
-
السَّادِسَة
-
اَذْهَبُ
-
وَ
-
السَّاعَة
-
النِّصْف
-
اِلَى
-
الْمَدْرَسَة
ا.

 

هُـوَ
-
مَـنْ
-
فَـرِيْد,
-
ذَلِكَ
-
مُدَرِّسٌ
-
ذَلِكَ ؟
ب.