UTS GASAL
SUPERVISI PENDIDIKAN
TARBIYAH
5-PAI.c / 2017
DOSEN
PENGAMPU : AHMAD MUKHLASIN, M.Pd.I
==========================================================
1. Salah satu
kegiatan supervisi yang bisa dilakukan adalah Penilaian, dengan tujuan
Bersama-sama mencari aspek-aspek positif yang telah dicapai; Bersama-sama
meninjau aspek-aspek negatif (kelemahan-kelemahan, kekurangan-kekurangan, atau
hambatan-hambatan) yang masih ada; Bersama-sama menganalisa sebab-sebab masih
adanya kekurangan-kekurangan/hambatan-hambatan yang dialami. Bagaimana pendapat
saudara mengenai pengaruh hal tersebut dalam sebuah sekolah ketika selesai
dilaksanakannya supervisi! [Skor
mak. 25]
2. Pada akhir
tahun 1950an, Morris L. Cogan, Robert Goldhammer dan Richarct Weller
memperkenalkan Konsep supervisi klinis di Universitas Harvard. Terdapat dua
asumsi yang mendasari konsep supervisi klinis ini yaitu: a). Pembelajaran adalah aktivitas kompleks yang
memerlukan pengamatan dan analisis secara berhati-hati melalui pengamatan dan
analisis; b). Banyak karyawan (termasuk guru) yang ingin mengembangkan
profesionalitasnya melalui pendekatan kolegial dibandingkan outoritarian.
Dari kedua konsep tersebut, berilah contoh/ bentuk penerapan secara jelas pada
Sekolah atau Madrasah dan beri argumen atau solusi pada hasil tindakan
supervisi! [Skor mak. 20]
3.
Perhatikan
ayat dibawah ini!
Buatlah penjelasan terkait Supervisi Klinis dengan mengacu pada ayat tersebut! [Skor mak. 30]
4.
Menurut Halim
Malik, karateristik pengembangan terdiri atas: a). Sasaran hasil; b).
Orientasi; c). Efek terhadap karir; d). Jangka waktu pelaksanaan; e). Peserta;
f) Materi.
Jelaskan hal tersebut! [Skor mak. 25]
No comments:
Post a Comment