Saturday, 23 December 2017

SUPERVISI PENDIDIKAN (UTS 2017)

UTS GASAL
SUPERVISI PENDIDIKAN
TARBIYAH 5-PAI.c / 2017
DOSEN PENGAMPU : AHMAD MUKHLASIN, M.Pd.I
 ==========================================================

1.   Salah satu kegiatan supervisi yang bisa dilakukan adalah Penilaian, dengan tujuan Bersama-sama mencari aspek-aspek positif yang telah dicapai; Bersama-sama meninjau aspek-aspek negatif (kelemahan-kelemahan, kekurangan-kekurangan, atau hambatan-hambatan) yang masih ada; Bersama-sama menganalisa sebab-sebab masih adanya kekurangan-kekurangan/hambatan-hambatan yang dialami. Bagaimana pendapat saudara mengenai pengaruh hal tersebut dalam sebuah sekolah ketika selesai dilaksanakannya supervisi! [Skor mak. 25]
2.  Pada akhir tahun 1950an, Morris L. Cogan, Robert Goldhammer dan Richarct Weller memperkenalkan Konsep supervisi klinis di Universitas Harvard. Terdapat dua asumsi yang mendasari konsep supervisi klinis ini yaitu: a).  Pembelajaran adalah aktivitas kompleks yang memerlukan pengamatan dan analisis secara berhati-hati melalui pengamatan dan analisis; b). Banyak karyawan (termasuk guru) yang ingin mengembangkan profesionalitasnya melalui pendekatan kolegial dibandingkan outoritarian. Dari kedua konsep tersebut, berilah contoh/ bentuk penerapan secara jelas pada Sekolah atau Madrasah dan beri argumen atau solusi pada hasil tindakan supervisi! [Skor mak. 20]
3.      Perhatikan ayat dibawah ini!





Buatlah penjelasan terkait Supervisi Klinis dengan mengacu pada ayat tersebut! [Skor mak. 30]
4.      Menurut Halim Malik, karateristik pengembangan terdiri atas: a). Sasaran hasil; b). Orientasi; c). Efek terhadap karir; d). Jangka waktu pelaksanaan; e). Peserta; f) Materi.
Jelaskan hal tersebut! [Skor mak. 25]

No comments: