Berdasarkan Permen No. 49 tahun 2014 SNPT
Pasal 12
INSTITUT AGAMA ISLAM IMAM GHAZALI (IAIIG) CILACAP
=================================
Program Studi
|
:
|
PAI
|
Revisi ke
|
:
|
.......................................................
|
Kode / Nama Mata Kuliah
|
:
|
PAI.003 / Desain Pembelajaran PAI
|
Tgl revisi
|
:
|
.......................................................
|
Satuan Kredit Semester
|
:
|
2 SKS
|
Tgl mulai berlaku
|
:
|
2 Februari 2015
|
Jml Jam kuliah dalam seminggu
|
:
|
110 Menit tatap muka
....... Menit pekerjaan di luar kelas
|
Dosen penyusun
|
:
|
Ahmad Mukhlasin, S.Pd.I., M.Pd.I
|
Jml Jam kegiatan laboratorium
|
:
|
....... Menit
|
Penanggungjawab Keilmuan
|
:
|
Hj. Ma'rifah, S.Pd
|
Standar Kompetensi
|
:
|
Mahasiswa mampu memahami, mengembangkan konsep Desain Pembelajaran PAI, dan mampu menerapkan dalam
proses pembelajaran sesuai teori dalam pembahasan / sub pembahasan.
|
|||
Proses Integrasi-interkoneksi
di level filosofis:
|
|
|
|
||
|
|
a.
Perkuliahan Desain Pembelajaran PAI mendorong mahasiswa untuk selalu bertindak
objektif, berpikir logis dan kreatif
b.
Proses Integrasi-interkoneksi di level strategi
: Kuliah Desain Pembelajaran
PAI dengan berbagai
strategi pembelajaran aktif dan menyenangkan, yang mendorong terjadinya
kerjasama dan proses inquiry sehingga dengan diintegrasikan berdasar Mata Pelajaran PAI (Fiqih, Quran Hadits, SKI, Aqidah
Akhlak dan Bahasa Arab) diharapkan
mahasiswa dapat mengamalkannya pada kehidupan dan keilmuan sehari - hari di
lingkungan sosial maupun akademik.
|
|||
Matakuliah pendukung
Integrasi-Interkoneksi:
|
|
|
|
||
|
|
a.
Fiqih,
b.
Quran Hadits,
c.
SKI,
|
d. Aqidah Akhlak dan
e.
Bahasa Arab
|
|
|
Level integrasi-interkoneks :
|
|
|
|
||
|
|
a.
Strategi
b.
Pengembangan
c.
Analisis Teori
|
|
|
|
Deskripsi Umum
Mata kuliah:
|
|
|
|
||
|
|
a. Mata kuliah ini
memberikan bekal kemampuan mahasiswa dari penguasaan materi Desain Pembelajaran PAI yang nantinya
diterapkan dalam kegiatan Pembelajaran sebagai bekal menjadi pendidik (guru)
yang profesional.
Untuk mencapai tujuan tersebut selain melalui ekspositori dan diskusi,
mahasiswa diberikan tugas secara kelompok dan tugas individu juga penggalian
strategi pembelajaran aktif.
b. Selain itu diberikan
beberapa konsep yang merupakan pengembangan materi Desain Pembelajaran PAI, agar mahasiswa dapat mengembangkan kemampuan analisis
dan kreativitas dalam pembelajaran
PAI.
c. Pelaksanaan
pembelajaran menggunakan strategi pembelajaran aktif berbasis inquiry: TOPIC
adventure, bermain peran, Praktik,
Analisis Masalah dsb.
|
|||
|
|
|
|
|
|
Pert
ke :
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
Pokok
bahasan/ Materi
|
Aktifitas
Pembelajaran
|
Referensi/
Sumber
Belajar
|
|
1
|
Kontrak Belajar, Memahami konsep umum dan Fungsi Desain
Pembelajaran PAI
|
- Memahami dan sanggup mematuhi kontrak belejar
- Memahami konsep umum tentang Desain Pembelajaran PAI
- Memahami Fungsi Desain Pembelajaran PAI
- Memahami Pola Pembahasan tentang Desain Pembelajaran PAI
|
1.
Pengenalan Materi
2.
Pengertian
Desain pembelajaran PAI
3.
Fungsi Desain pembelajaran PAI
4.
Pola Pembahasan Desain pembelajaran PAI
|
1. Kuliah dibuka dengan basmalah
2. Dosen menggali pengamatan mahasiswa terhadap pemahaman
tentang konsep umum tentang Desain Pembelajaran PAI
3. Mahasiswa memahami Desain pembelajaran PAI
4. Mahasiswa Memahami Fungsi Desain pembelajaran PAI
5. Mahasiswa Memahami Pola Pembahasan Desain pembelajaran
PAI
6. Mendiskusikan: Apa Desain Pembelajaran PAI ?
7. Mendiskusikan: Fungsi Desain pembelajaran PAI ?
8. Mendiskusikan: Pola Pembahasan Desain pembelajaran PAI
?
9. Kesimpulan
10. Pembentukan kelompok
|
[1], [5], [12], [15], [19]
|
|
2
|
Memahami Model-model Desain Pembelajaran dan penerapan
dalam Pembelajaran PAI
|
- Menyebutkan Model-Model Desian Pembelajaran
- penerapan dalam pembelajara PAI
|
1. Model desain Pembelajaran :
- Model
ADDIE,
- Model
ASSURE,
- Model
Dick dan Carey,
- Model
PPSI,
- Model
AT dan T,
- Model
Degeng,
- Model Pengembangan
Instruksional (MPI).
2. Penerapan Model Pembelajaran dalam pelajaran PAI
|
1. Kuliah dibuka dengan basmalah
2. Penjelasan Model-model desain Pembelajaran
3. Diskusi model-model pembelajaran dalam penerapan pada
Pembelajaran PAI
4. Praktik penerapan model-model pembelajaran dalam
penerapan pada Pembelajaran PAI
|
[1], [4], [5], [10], [13]
|
|
3
|
Memahami sistem dalam pembelajaran PAI
|
- Mahasiswa Memahami Bagaimana konsep dasar pendekatan
system menurut para ahli dan penerapannya dalam pembelajaran PAI
- Mahasiswa mampu menjelaskan 5 manfaat pendekatan system
dalam pembelajaran
- Mahasiswa mampu menyebutkan 5 komponen-komponen dalam
sistem pembelajaran
- Mahasiswa mampu mengetahui dan memahami Apa saja
kriteria dan variabel-variabel yang dapat mempengaruhi sistem pembelajaran
|
1. konsep dasar pendekatan system menurut para ahli
2. Manfaat pendekatan system dalam pembelajaran
3. Komponen -komponen dalam sistem pembelajaran
4. kriteria dan variabel-variabel sistem pembelajaran
|
1. Kuliah dibuka dengan basmalah
2. Penyampaian teori
3. Eksperimen teori
4. Tanya – jawab ( inter kelompok)
5. Diskusi kelas ( antar Kelompok )
6. Penyimpulan diskusi
|
[7], [10], [21], [22], [23]
|
|
4
|
Memahami karakter peserta didik dan materi ajar PAI
untuk penentuan kegiatan belajar
|
- Mahasiswa mampu memahami hakikat Pendekatan Nilai dan
Sikap
- Mahsiswa mampu memahami bagian dalam proses Pendekatan
Nilai dan Sikap
- Mahasiswa mampu memahami model pembelajaran sikap
- Mahasiswa Menguasai dan Memahami Materi Ajar sebagai
Sumber Kegatan
|
1. Definisi dan hakikat Pendekatan Nilai
2. Definisi
pendekatan Sikap
3. Bagian-bagian dalam proses Pendekatan Nilai dan Sikap
4. Model pembelajaran sikap
5. Sifat Materi Ajar pada Pendukung Integrasi-Interkoneksi
|
1. Kuliah dibuka dengan basmalah
2. Teori
3. Membahas tentang materi / sub pokok bahasan pada Mapel
PAI
4. Diskusi Kelompok tentang:
- Nilai
- Sikap
- Karakter Sub Pokok Bahasan PAI
|
[3], [9], [12], [16], [20], [23]
|
|
5
|
Metode-metode dalam pembelajaran PAI
|
- Mahasisiwa mampu menjelaskan metode pembelajaran
- Mahasiswa Mampu menetukan metode dalam satu tema
pembahasan PAI
- Mahasiswa mampu memanfaatkan Sains sebagai alat bantu
pemahaman Pembelajaran PAI
|
1. Pengertian metode pembelajaran dan Macamnya
2. Cara Penentuan Metode dalam Pembelajaran PAI
3. Pengertian sains dan cara penggunaan sebagai alat bantu
Pembelajaran PAI
|
1. Kuliah dibuka dengan basmalah
2. Masing-masing Kelompok mendiskusikan Metode dalam
Pembelajaran PAI
3. Masing-masing Kelompok praktik penggunaan Metode dalam
Pembelajaran PAI
|
[10], [12], [15], [19]
|
|
6
|
Media-media dalam pembelajaran PAI
|
- Mahasiswa Mampu memahami 5 dari :
1. Jenis
2. Karakter
3. Peralatan
4. Dan pemanfaatan Program Media
|
1. Jenis
2. Karakter
3. Peralatan
4. Dan pemanfaatan Program Media
5. Penerapan jenis media dan karakter pada Pembelajaran
PAI
|
1. Kuliah dibuka dengan
basmalah
2. Teori tentang Media-media dalam pembelajaran PAI
3. Diskusi tentang media sesuai tugas kelompok
4. Penjelasan individu mahasiswa tentang peralatan media
dan pemanfatannya dalam Pembelajaran PAI
5. Tugas Rumah Pembuatan Media sesuai bahasan kelompok
|
[2], [12]
|
|
7
|
Desain Pembelajaran Indoor / outdor dalam pembelajaran
PAI
|
- Mahsiswa Mampu membedakan pembelajaran Indoor / outdor
dan sifatnya.
- Mahsiswa Mampu mengklasifikasikan dan menerapkan
pembelajaran Indoor / outdor pada pembelajaran PAI
|
1.
Pengertian Pembelajaran:
- Indoor
- outdoor
2.
sifat-sifat pembelajaran indoor dan outdoor.
3.
Penerapan dalam Pembelajaran PAI
|
1. Kuliah dibuka dengan basmalah
2. Diskusi mahasiswa tentang pengertian pembelajaran dan
sifatnya pembelajaran Indoor/outdoor
3. Praktik kelompok
|
[11], [20], [23], [21]
|
|
U J I A N T E N G A H S E M E S T E R
|
|
|||||
8
|
Konsep Dasar Kurikulum
|
Mahasiswa Mampu memahami dan
memaparkan Tentang:
1. Pengertian
2. Fungsi
3. Komponen
4. Jenis
5. Pendekatan dan Orientasi
6. Kompetensi dalam Kurkulum
|
Konsep Dasar Kurikulum:
1. Pengertian
2. Fungsi
3. Komponen
4. Jenis
5. Pendekatan dan Orientasi
6. Kompetensi dalam Kurkulum
|
1. Kuliah dibuka dengan basmalah
2. Mahasiswa mendidkusikan tentang konsep dasar kurikulum
3. Mahasiswa menganalisis isi Kurikulum pembelajaran PAI
4. Mahsiswa dalam satu kelompok membuat rancangan
Kurikulum PAI dengan tingkatan tertentu sesuai pembagian.
|
[6], [17], [18, [15], [30]
|
|
9
|
Kalender Pendidikan
|
Mahasiswa memahami kalender pendidikan terkait:
1. Fungsi
2. Tujuan
3. Dan Pegkonsepan Isi
|
1. Pengertian kaldik
2. Fungsi dalam KBM
3. Tujuan disusunya Kaldik
4. Rambu-rambu dalam mengkonsep kaldik
|
1. Kuliah dibuka dengan basmalah
2. Teori tentang kaldik
3. Mahasiswa menganalisis fungsi dan tujuan
4. Mahasiswa membaca/memaparkan pengkonsepan kaldik
|
[6], [17], [18, [15], [24]
|
|
10
|
Program
Tahunan,
Program Semesteran, Silabus Pembelajaran dan Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran
|
Mahasiswa memahami devinisi, dan membuat desain tentang:
1. Program
Tahunan,
2. Program
Semesteran,
3. Silabus
Pembelajaran
4. Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran
|
1. Program
Tahunan,
2. Program
Semesteran,
3. Silabus
Pembelajaran
4. Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran
|
1. Kuliah dibuka dengan basmalah
2. Teori Materi
3. Analisis Materi
4. Paparan Kelompok tentang teori materi
5. Analisis tugas tentang pembahasan sesuai pembagian
kelompok
6. Desain individu tentang materi/pokok bahasan
|
[6], [17], [18, [15], [25], [26], [27],[28], [30]
|
|
11
|
Perancangan test Prestasi pada Pembelajaran PAI
|
1. Mahasiswa mampu:
- Indentifikasi kawasan ukur
- Penguraian komponen isi
- Tipe aitem dalam tes kompetensi
- Menentukan banyaknya aitem
|
1. Indentifikasi kawasan ukur
2. Penguraian komponen isi
3. Tipe aitem dalam tes kompetensi
4. Penentukan banyaknya aitem dalam Soal
|
1. Kuliah dibuka dengan basmalah
2. Teori
3. Telaah Materi Pelajaran untuk:
- Indentifikasi kawasan ukur
- Penguraian komponen isi
- Tipe aitem dalam tes kompetensi
- Penentukan banyaknya aitem dalam Soal
4. Penerapan dalam bentuk karangan materi PAI (bebas)
|
[8], [30]
|
|
12
|
Penulisan Aitem soal PAI
|
- Dapat Membuat contoh aitem pilihan ganda untuk 10 soal
- Dapat Membuat contoh aitem benar – salah untuk 5 soal
- Dapat Membuat contoh aitem jawaban pendek untuk 5 soal
- Dapat Membuat contoh aitem pasangan untuk 5 soal
- Dapat Membuat contoh aitem Karangan (esai) untuk 3
pembahasan
|
Penulisan aitem Soal :
1. Pilihan ganda,
2. Benar – salah,
3. Jawaban pendek,
4. Pasangan,
5. Karangan (esai)
|
1. Kuliah dibuka dengan basmalah
2. Penjelasan tentang soal :
a. Pilihan ganda,
b. Benar – salah,
c. Jawaban pendek,
d. Pasangan,
e. Karangan (esai)
3.
Diskusi kelompok aitem soal
4.
Paparan Mahasiswa tentang aitem soal dan contoh dalam masing-masing aitem
|
[8], [29], [30]
|
|
13
|
Analisis Aitem
|
- Mahasisiswa memahami minimal 2 karater indek aitem
soal.
- Mahasisiswa memahami Efektifitas Disktaktor
- Mahasisiswa menguasai teori dan contoh analisis Aitem
dengan bantuan komputer
- Mahasisiswa memahami pengertian indeks Reliabilitas dan
indeks validitas aitem
|
1. Karater indek aitem soal.
2. Efektifitas Disktaktor
3. Analisis Aitem dengan bantuan komputer
4. Indeks Reliabilitas dan indeks validitas aitem
|
1. Kuliah dibuka dengan basmalah
2. Diskusi dan penerapan tentang:
- Karater indek aitem soal.
- Efektifitas Disktaktor
- Analisis Aitem dengan bantuan komputer
- Indeks Reliabilitas dan indeks validitas aitem
|
[8], [29], [30]
|
|
14
|
Evaluasi dan Remedial
|
- Mahasiswa mampu menyebutkan jenis Evaluasi
- Mahasiswa mampu menyebutkan macam-macam Evaluasi
- Mahasiswa mampu membuat contoh Evaluasi
- Mahasiswa mampu membuat desain Evaluasi untuk Remidal
|
1. Jenis Evaluasi
2. Macam Evaluasi
3. Desain Evaluasi Remidial
|
1. Kuliah dibuka dengan basmalah
2. Praktik Pembuatan Evaluasi
3. Mendesain evaluasi Remidial
4. Praktik penilaian hasil Evaluasi dan remidial
|
[8], [10], [16], [30]
|
|
Daftar Referensi
ü
Wajib
1. Ahmad Tafsir, Metodologi
Pengajaran Agama Islam, Remaja Rosda: Bandung, 1998.
2. Arif S. Sadiman, (dkk),
Media Pendidikan, Pengertian dan Pemanfaatanya, Jakarta: RajaGrafindo,
2012.
3. C. Asri Budiningsih, Belajar
& Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta, 2012
4. Hamzah B. Uno, Model
Pembelajaran Menciptakan Proses Pembelajaran yang Kreatif dan Aktif, Jakarta:
Bumi Aksara, 2008
5. _______ dan Abdul Karim Rauf, Desain Pembelajaran, (Gorontalo:
Sultan Amai Press, 2008.
6. Khaerudin, (dkk), Kurikulum
Tingkat Satuan Pendidikan Konsep dan Implementasi di Madrasah, Semarang:
Pilar Media 2007
7. Oemar Hamalik, Perencanaan
Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem, Jakarta: Bumi Aksara, 2005.
8. Siafudin Azwar, Tes
Prestasi Fungsi dan Pengembangan Pengukuran Prestasi Belajar, Yogyakarta:
Pustaka Pelajar, 2007
9. Sutirna, Perkembangan
dan Pertumbuhan Peserta Didik, Yogyakarta: Andi Offset, 2013
10. Syaiful Bahri Djamarah,
Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta, 2010
11. Trianto, Model
Pebelajaran Terpadu, Jakarta: Bumi Aksara, 2010
12. Wina Sanjaya, Strategi
Pembelajaran Berorintasi Strategi Proses Penddikan, Jakarta: Kencana, 2011.
13. Zakiyah Daradjat dkk, Metodik
Khusus Pengajaran Agama Islam, Jakarta: Bumi Aksara, 2000
ü
Disarankan :
15. M. Dian Nafi', (dkk), Praksis
Pembelajaran Pesantren, Yogyakarta: Lkis, 2007
16. Mulyono Abdurrahman, Pendidikan
Bagi Anak Berkeulitan Belajar, Jakarta: Rineka Cipta, 2010
17. Pedoman Penyusunan
Kalender Pendidikan Tahun Pelajaran 2014/2015 Propinsi Jawa Tengah Dinas
Pendidikan 2014
18. Peraturan Menteri
Pendidikan Nasional Republik Indonesia NOMOR: 22, 23, 24 Tahun 2006.
19. Sitiatava Rizema Putra,
Desain Belajar Mengajar Kreatif Berbasis Sains, Yogyakarta: Diva Press,
2013.
20. Sunarto dan B. Agung
Hartono, Perkembangan Peserta Didik, Jakarta: Rineka Cipta, 2008
21. Roestiyah N,K. Masalah Pengajaran sebagai suatu sistem, Jakarta: Rineka
Cipta. 1994.
22. Slameto, Belajar dan
Faktor-faktor yang mempengaruhinya, Jakarta: Rineka Cipta 2010
23. Nur Setiyo Budi Widarto
(Terj), Hasrat Untuk Belajar, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2004
SUMBER BELAJAR:
24.
Kalender Pendidikan
25.
Program Tahunan,
26.
Program Semesteran,
27.
Silabus Pembelajaran
28.
Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran
29.
Aitem Soal
30.
Buku Materi PAI (untuk : MI/SD/SDB, MTs/SMP/SMPLB,
MA/SMA/SMALB)
PERSENTASE PENILAIAN
Tugas
|
30 %
|
UTS
|
30 %
|
UAS
|
30 %
|
Kehadiran
|
10%
|
Disusun oleh :
|
Diperiksa oleh :
|
Disahkan oleh :
|
|
Ahmad Mukhlasin, S.Pd.I., M.Pd.I
|
Penanggungjawab Keilmuan
Hj. Ma'rifah, S.Pd
|
Ketua Jurusan/Program Studi
Hj. Ma'rifah, S.Pd
|
Dekan
Lumaur Ridlo, S.Psi, M.Pd
|
|
|
|
|
No comments:
Post a Comment