Wednesday 11 February 2015

S.A.P Desain Pembelajaran PAI

Satuan Acara Perkuliahan/Rencana Pembelajaran Semester
Berdasarkan Permen No. 49 tahun 2014 SNPT
Pasal 12

INSTITUT AGAMA ISLAM IMAM GHAZALI (IAIIG) CILACAP

=================================


Program Studi
:
PAI
Revisi ke
:
.......................................................
Kode / Nama Mata Kuliah   
:
PAI.003 / Desain Pembelajaran PAI
Tgl revisi 
:
.......................................................
Satuan Kredit Semester
:
2 SKS
Tgl mulai berlaku
:
2 Februari 2015
Jml Jam kuliah dalam seminggu
:
110 Menit tatap muka
....... Menit pekerjaan di luar kelas
Dosen penyusun
:
Ahmad Mukhlasin, S.Pd.I., M.Pd.I
Jml Jam kegiatan laboratorium
:
....... Menit
Penanggungjawab Keilmuan
:
Hj. Ma'rifah, S.Pd
Standar Kompetensi
:
Mahasiswa mampu  memahami, mengembangkan konsep Desain Pembelajaran PAI, dan mampu menerapkan dalam proses pembelajaran sesuai teori dalam pembahasan / sub pembahasan.
Proses Integrasi-interkoneksi di level filosofis:





a.    Perkuliahan Desain Pembelajaran PAI mendorong mahasiswa untuk selalu bertindak objektif, berpikir logis dan kreatif
b.    Proses Integrasi-interkoneksi di level strategi :  Kuliah Desain Pembelajaran PAI dengan berbagai strategi pembelajaran aktif dan menyenangkan, yang mendorong terjadinya kerjasama dan proses inquiry sehingga dengan diintegrasikan berdasar Mata Pelajaran PAI (Fiqih, Quran Hadits, SKI, Aqidah Akhlak dan Bahasa Arab) diharapkan mahasiswa dapat mengamalkannya pada kehidupan dan keilmuan sehari - hari di lingkungan sosial maupun akademik.
Matakuliah pendukung Integrasi-Interkoneksi:       





a.    Fiqih,
b.    Quran Hadits,
c.    SKI,

d.    Aqidah Akhlak dan
e.    Bahasa Arab          


Level integrasi-interkoneks :





a.   Strategi
b.    Pengembangan
c.    Analisis Teori



Deskripsi Umum Mata kuliah: 





a.    Mata kuliah ini memberikan bekal kemampuan mahasiswa dari penguasaan materi Desain Pembelajaran PAI yang nantinya diterapkan dalam kegiatan Pembelajaran sebagai bekal menjadi pendidik (guru) yang profesional.
Untuk mencapai tujuan tersebut selain melalui ekspositori dan diskusi, mahasiswa diberikan tugas secara kelompok dan tugas individu juga penggalian strategi pembelajaran aktif.
b.    Selain itu diberikan beberapa konsep yang merupakan pengembangan materi Desain Pembelajaran PAI, agar mahasiswa dapat mengembangkan kemampuan analisis dan kreativitas dalam pembelajaran PAI.
c.    Pelaksanaan pembelajaran menggunakan strategi pembelajaran aktif berbasis inquiry: TOPIC adventure, bermain peran, Praktik, Analisis Masalah dsb.







Pert
ke :
Kompetensi Dasar
Indikator
Pokok bahasan/ Materi
Aktifitas Pembelajaran
Referensi/
Sumber Belajar
1

Kontrak Belajar, Memahami konsep umum dan Fungsi Desain Pembelajaran PAI


- Memahami dan sanggup mematuhi kontrak belejar
- Memahami konsep umum tentang Desain Pembelajaran PAI
- Memahami Fungsi Desain Pembelajaran PAI
- Memahami Pola Pembahasan tentang Desain Pembelajaran PAI

1.  Pengenalan Materi
2.  Pengertian Desain pembelajaran PAI
3.  Fungsi Desain pembelajaran PAI
4.  Pola Pembahasan Desain pembelajaran PAI

1.     Kuliah dibuka dengan basmalah
2.     Dosen menggali pengamatan mahasiswa terhadap pemahaman tentang konsep umum tentang Desain Pembelajaran PAI
3.     Mahasiswa memahami Desain pembelajaran PAI
4.     Mahasiswa Memahami Fungsi Desain pembelajaran PAI
5.     Mahasiswa Memahami Pola Pembahasan Desain pembelajaran PAI
6.     Mendiskusikan: Apa Desain Pembelajaran PAI ?
7.     Mendiskusikan: Fungsi Desain pembelajaran PAI ?
8.     Mendiskusikan: Pola Pembahasan Desain pembelajaran PAI ?
9.     Kesimpulan
10.   Pembentukan kelompok

[1], [5], [12], [15], [19]
2
Memahami Model-model Desain Pembelajaran dan penerapan dalam Pembelajaran PAI
- Menyebutkan Model-Model Desian Pembelajaran
- penerapan dalam pembelajara PAI
1. Model desain Pembelajaran :
-  Model ADDIE,
-  Model ASSURE,
-  Model Dick dan Carey,
-  Model PPSI,
-  Model AT dan T,
-  Model Degeng,
-  Model Pengembangan Instruksional (MPI).
2. Penerapan Model Pembelajaran dalam pelajaran PAI

1.     Kuliah dibuka dengan basmalah
2.     Penjelasan Model-model desain Pembelajaran
3.     Diskusi model-model pembelajaran dalam penerapan pada Pembelajaran PAI
4.     Praktik penerapan model-model pembelajaran dalam penerapan pada Pembelajaran PAI


[1], [4], [5], [10], [13]
3
Memahami sistem dalam pembelajaran PAI
-  Mahasiswa Memahami Bagaimana konsep dasar pendekatan system menurut para ahli dan penerapannya dalam pembelajaran PAI
-  Mahasiswa mampu menjelaskan 5 manfaat pendekatan system dalam pembelajaran
-  Mahasiswa mampu menyebutkan 5 komponen-komponen dalam sistem pembelajaran
-  Mahasiswa mampu mengetahui dan memahami Apa saja kriteria dan variabel-variabel yang dapat mempengaruhi sistem pembelajaran

1. konsep dasar pendekatan system menurut para ahli
2. Manfaat pendekatan system dalam pembelajaran
3. Komponen -komponen dalam sistem pembelajaran
4. kriteria dan variabel-variabel sistem pembelajaran
1.     Kuliah dibuka dengan basmalah
2.     Penyampaian teori
3.     Eksperimen teori
4.     Tanya – jawab ( inter kelompok)
5.     Diskusi kelas ( antar Kelompok )
6.     Penyimpulan diskusi
[7], [10], [21], [22], [23]
4
Memahami karakter peserta didik dan materi ajar PAI untuk penentuan kegiatan belajar
-  Mahasiswa mampu memahami hakikat Pendekatan Nilai dan Sikap
-  Mahsiswa mampu memahami bagian dalam proses Pendekatan Nilai dan Sikap
-  Mahasiswa mampu memahami model pembelajaran sikap
-  Mahasiswa Menguasai dan Memahami Materi Ajar sebagai Sumber Kegatan

1.  Definisi dan hakikat Pendekatan Nilai
2.  Definisi  pendekatan Sikap
3.  Bagian-bagian  dalam proses Pendekatan Nilai dan Sikap
4.  Model pembelajaran sikap
5.  Sifat Materi Ajar pada Pendukung Integrasi-Interkoneksi

1.  Kuliah dibuka dengan basmalah
2.  Teori
3.  Membahas tentang materi / sub pokok bahasan pada Mapel PAI
4.  Diskusi Kelompok tentang:
-  Nilai
-  Sikap
-  Karakter Sub Pokok Bahasan PAI


[3], [9], [12], [16], [20], [23]
5
Metode-metode dalam pembelajaran PAI
-  Mahasisiwa mampu menjelaskan metode pembelajaran
-  Mahasiswa Mampu menetukan metode dalam satu tema pembahasan PAI
-  Mahasiswa mampu memanfaatkan Sains sebagai alat bantu pemahaman Pembelajaran PAI

1.  Pengertian metode pembelajaran dan Macamnya
2.  Cara Penentuan Metode dalam Pembelajaran PAI
3.  Pengertian sains dan cara penggunaan sebagai alat bantu Pembelajaran PAI
1.   Kuliah dibuka dengan basmalah
2.   Masing-masing Kelompok mendiskusikan Metode dalam Pembelajaran PAI
3.   Masing-masing Kelompok praktik penggunaan Metode dalam Pembelajaran PAI


[10], [12], [15], [19]
6
Media-media dalam pembelajaran PAI
-  Mahasiswa Mampu memahami 5 dari :
1.     Jenis
2.     Karakter
3.     Peralatan
4.     Dan pemanfaatan Program Media



1.  Jenis
2.  Karakter
3.  Peralatan
4.  Dan pemanfaatan Program Media
5.  Penerapan jenis media dan karakter pada Pembelajaran PAI

1.   Kuliah dibuka dengan basmalah
2.   Teori tentang Media-media dalam pembelajaran PAI
3.   Diskusi tentang media sesuai tugas kelompok
4.   Penjelasan individu mahasiswa tentang peralatan media dan pemanfatannya dalam Pembelajaran PAI
5.   Tugas Rumah Pembuatan Media sesuai bahasan kelompok

[2], [12]
7
Desain Pembelajaran Indoor / outdor dalam pembelajaran PAI

-  Mahsiswa Mampu membedakan pembelajaran Indoor / outdor dan sifatnya.
-  Mahsiswa Mampu mengklasifikasikan dan menerapkan pembelajaran Indoor / outdor pada pembelajaran PAI
1.   Pengertian Pembelajaran:
-  Indoor
-  outdoor
2.   sifat-sifat pembelajaran indoor dan outdoor.
3.   Penerapan dalam Pembelajaran PAI

1.  Kuliah dibuka dengan basmalah
2.  Diskusi mahasiswa tentang pengertian pembelajaran dan sifatnya pembelajaran Indoor/outdoor
3.  Praktik kelompok

[11], [20], [23], [21]
U J I A N   T E N G A H   S E M E S T E R

8
Konsep Dasar Kurikulum
Mahasiswa Mampu memahami dan memaparkan Tentang:
1.     Pengertian
2.     Fungsi
3.     Komponen
4.     Jenis
5.     Pendekatan dan Orientasi
6.     Kompetensi dalam Kurkulum

Konsep Dasar Kurikulum:
1.     Pengertian
2.     Fungsi
3.     Komponen
4.     Jenis
5.     Pendekatan dan Orientasi
6.     Kompetensi dalam Kurkulum
1.   Kuliah dibuka dengan basmalah
2.   Mahasiswa mendidkusikan tentang konsep dasar kurikulum
3.   Mahasiswa menganalisis isi Kurikulum pembelajaran PAI
4.   Mahsiswa dalam satu kelompok membuat rancangan Kurikulum PAI dengan tingkatan tertentu sesuai pembagian.
[6], [17], [18, [15], [30]
9
Kalender Pendidikan
Mahasiswa memahami kalender pendidikan terkait:
1.     Fungsi
2.     Tujuan
3.     Dan Pegkonsepan Isi
1.    Pengertian kaldik
2.    Fungsi dalam KBM
3.    Tujuan disusunya Kaldik
4.    Rambu-rambu dalam mengkonsep kaldik

1.    Kuliah dibuka dengan basmalah
2.    Teori tentang kaldik
3.    Mahasiswa menganalisis fungsi dan tujuan 
4.    Mahasiswa membaca/memaparkan pengkonsepan kaldik

[6], [17], [18, [15], [24]
10
Program Tahunan, Program Semesteran, Silabus Pembelajaran dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mahasiswa memahami devinisi, dan membuat desain tentang:
1.    Program Tahunan,
2.    Program Semesteran,
3.    Silabus Pembelajaran
4.    Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

1.    Program Tahunan,
2.    Program Semesteran,
3.    Silabus Pembelajaran
4.    Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

1.  Kuliah dibuka dengan basmalah
2.  Teori Materi
3.  Analisis Materi
4.  Paparan Kelompok tentang teori materi
5.  Analisis tugas tentang pembahasan sesuai pembagian kelompok
6.  Desain individu tentang materi/pokok bahasan
[6], [17], [18, [15], [25], [26], [27],[28], [30]
11
Perancangan test Prestasi pada Pembelajaran PAI
1.    Mahasiswa mampu:
-     Indentifikasi kawasan ukur
-     Penguraian komponen isi
-     Tipe aitem dalam tes kompetensi
-     Menentukan banyaknya aitem
1.   Indentifikasi kawasan ukur
2.   Penguraian komponen isi
3.   Tipe aitem dalam tes kompetensi
4.   Penentukan banyaknya aitem dalam Soal
1.   Kuliah dibuka dengan basmalah
2.   Teori
3.   Telaah Materi Pelajaran untuk:
-     Indentifikasi kawasan ukur
-     Penguraian komponen isi
-     Tipe aitem dalam tes kompetensi
-     Penentukan banyaknya aitem dalam Soal
4.   Penerapan dalam bentuk karangan materi PAI (bebas)

[8], [30]
12
Penulisan Aitem soal PAI
-  Dapat Membuat contoh aitem pilihan ganda untuk 10 soal

-  Dapat Membuat contoh aitem benar – salah untuk 5 soal
-  Dapat Membuat contoh aitem jawaban pendek untuk 5 soal
-  Dapat Membuat contoh aitem pasangan untuk 5 soal
-  Dapat Membuat contoh aitem Karangan (esai) untuk 3 pembahasan

Penulisan aitem Soal :
1.   Pilihan ganda,
2.   Benar – salah,
3.   Jawaban pendek,
4.   Pasangan,
5.   Karangan (esai)
1.   Kuliah dibuka dengan basmalah
2.   Penjelasan tentang soal :
a.   Pilihan ganda,
b.   Benar – salah,
c.   Jawaban pendek,
d.   Pasangan,
e.   Karangan (esai)
3.   Diskusi kelompok aitem soal
4.   Paparan Mahasiswa tentang aitem soal dan contoh dalam masing-masing aitem
[8], [29], [30]
13
Analisis Aitem
-  Mahasisiswa memahami minimal 2 karater indek aitem soal.
-  Mahasisiswa memahami Efektifitas Disktaktor
-  Mahasisiswa menguasai teori dan contoh analisis Aitem dengan bantuan komputer
-  Mahasisiswa memahami pengertian indeks Reliabilitas dan indeks validitas aitem

1.   Karater indek aitem soal.
2.   Efektifitas Disktaktor
3.   Analisis Aitem dengan bantuan komputer
4.   Indeks Reliabilitas dan indeks validitas aitem

1.  Kuliah dibuka dengan basmalah
2.  Diskusi dan penerapan tentang:
-     Karater indek aitem soal.
-     Efektifitas Disktaktor
-     Analisis Aitem dengan bantuan komputer
-     Indeks Reliabilitas dan indeks validitas aitem

[8], [29], [30]
14
Evaluasi dan Remedial
-  Mahasiswa mampu menyebutkan jenis Evaluasi
-  Mahasiswa mampu menyebutkan macam-macam Evaluasi
-  Mahasiswa mampu membuat contoh Evaluasi
-  Mahasiswa mampu membuat desain Evaluasi untuk Remidal

1.     Jenis Evaluasi
2.     Macam Evaluasi
3.     Desain Evaluasi Remidial  
1.  Kuliah dibuka dengan basmalah
2.  Praktik Pembuatan Evaluasi
3.  Mendesain evaluasi Remidial
4.  Praktik penilaian hasil Evaluasi dan remidial

[8], [10], [16], [30]
Daftar Referensi
ü Wajib
1.   Ahmad Tafsir, Metodologi Pengajaran Agama Islam, Remaja Rosda: Bandung, 1998.
2.   Arif S. Sadiman, (dkk), Media Pendidikan, Pengertian dan Pemanfaatanya, Jakarta: RajaGrafindo, 2012.
3.   C. Asri Budiningsih, Belajar & Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta, 2012
4.   Hamzah B. Uno, Model Pembelajaran Menciptakan Proses Pembelajaran yang Kreatif dan Aktif, Jakarta: Bumi Aksara, 2008
5.   _______ dan Abdul Karim Rauf, Desain Pembelajaran, (Gorontalo: Sultan Amai Press, 2008.
6.   Khaerudin, (dkk), Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Konsep dan Implementasi di Madrasah, Semarang: Pilar Media 2007
7.   Oemar Hamalik, Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem, Jakarta: Bumi Aksara, 2005.
8.   Siafudin Azwar, Tes Prestasi Fungsi dan Pengembangan Pengukuran Prestasi Belajar, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2007
9.   Sutirna, Perkembangan dan Pertumbuhan Peserta Didik, Yogyakarta: Andi Offset, 2013
10. Syaiful Bahri Djamarah, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta, 2010
11. Trianto, Model Pebelajaran Terpadu, Jakarta: Bumi Aksara, 2010
12. Wina Sanjaya, Strategi Pembelajaran Berorintasi Strategi Proses Penddikan, Jakarta: Kencana, 2011.
13. Zakiyah Daradjat dkk, Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam, Jakarta: Bumi Aksara, 2000
ü  Disarankan :
15. M. Dian Nafi', (dkk), Praksis Pembelajaran Pesantren, Yogyakarta: Lkis, 2007
16. Mulyono Abdurrahman, Pendidikan Bagi Anak Berkeulitan Belajar, Jakarta: Rineka Cipta, 2010
17. Pedoman Penyusunan Kalender Pendidikan Tahun Pelajaran 2014/2015 Propinsi Jawa Tengah Dinas Pendidikan 2014
18. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia NOMOR: 22, 23, 24 Tahun 2006.
19. Sitiatava Rizema Putra, Desain Belajar Mengajar Kreatif Berbasis Sains, Yogyakarta: Diva Press, 2013.
20. Sunarto dan B. Agung Hartono, Perkembangan Peserta Didik, Jakarta: Rineka Cipta, 2008
21.  Roestiyah N,K. Masalah Pengajaran sebagai suatu sistem, Jakarta: Rineka Cipta. 1994.
22.  Slameto, Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya, Jakarta: Rineka Cipta 2010
23.  Nur Setiyo Budi Widarto (Terj), Hasrat Untuk Belajar, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2004
SUMBER BELAJAR:
24. Kalender Pendidikan
25. Program Tahunan,
26. Program Semesteran,
27. Silabus Pembelajaran
28. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
29. Aitem Soal
30. Buku Materi PAI (untuk : MI/SD/SDB, MTs/SMP/SMPLB, MA/SMA/SMALB)

PERSENTASE PENILAIAN

Tugas
30 %
UTS
30 %
UAS
30 %
Kehadiran
10%

Disusun oleh :
Diperiksa oleh :
Disahkan oleh :




Ahmad Mukhlasin, S.Pd.I., M.Pd.I
Penanggungjawab Keilmuan



Hj. Ma'rifah, S.Pd
Ketua Jurusan/Program Studi



Hj. Ma'rifah, S.Pd
Dekan



Lumaur Ridlo, S.Psi, M.Pd







No comments: