Satuan Acara Perkuliahan/Rencana Pembelajaran Semester
Berdasarkan Permen No. 49 tahun 2014 SNPT
Pasal 12
Program Studi
|
:
|
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
|
Revisi ke
|
:
|
.......................................................
|
Kode / Nama Mata Kuliah
|
:
|
PGMI.018 / Pemblj Aqidah Akhlak MI
|
Tgl revisi
|
:
|
.......................................................
|
Satuan Kredit Semester
|
:
|
2 SKS
|
Tgl mulai berlaku
|
:
|
.......................................................
|
Jml Jam kuliah dalam seminggu
|
:
|
100 Menit tatap muka
0 Menit pekerjaan di luar kelas
|
Dosen penyusun
|
:
|
Ahmad Mukhlasin, S.Pd.I., M.Pd.I
|
Jml Jam kegiatan laboratorium
|
:
|
0 Menit
|
Penanggungjawab Keilmuan
|
:
|
Nani Kurniasih, S.T., M.Si
|
Standar Kompetensi
|
:
|
Mahasiswa mampu memahami Pembelajaran dan
materi ajar Aqidah Akhlak Madrasah Ibtidaiyah hingga pada penerapan dalam
keseharian untuk dilakukan oleh peserta didik.
|
|||
Proses Integrasi-interkoneksi
di level filosofis:
|
|||||
a.
Pembelajaran Aqidah Akhlak Madrasah Ibtidaiyah mendorong mahasiswa untuk selalu bertindak
objektif, berpikir logis dan mampu menentukan
kebijakan yang bersumber dari al-Qur’an, al-Hadits dan Norma lingkungan atau
budaya masyarakat.
b.
Proses Integrasi-interkoneksi di level strategi
: kuliah Pembelajaran Aqidah Akhlak Madrasah Ibtidaiyah dilakukan dengan berbagai strategi pembelajaran
aktif dari analisis nilai-nilai Aqidah dan Akhlak yang mendorong terjadinya kerjasama dan proses
inquiry supaya pemahaman pembelajaran dan materi ajar tidak
sebatas fiktif, sehingga dengan diintegrasikan berdasar Al-Qur’an,
hadits, Norma lingkungan atau budaya masyarakat, diharapkan mahasiswa dapat menentukan sikap / kebijakan pada kehidupan dan keilmuan sehari - hari di lingkungan sosial maupun
akademik.
|
|||||
Matakuliah pendukung
Integrasi-Interkoneksi:
|
|||||
a.
Al Qur’an
b.
Al Hadits
c.
Sejarah Islam
|
d.
Ilmu Sosial Budaya
e.
Kewarganegaraan
f.
Tauhid
|
||||
Level integrasi-interkoneks :
|
|||||
a.
Ajaran Islam
b.
Sejarah
c.
Filosofi
|
d.
Strategi
e.
Sosial dan Budaya
|
||||
Deskripsi Umum
Mata kuliah:
|
|||||
a. Mata kuliah ini
memberikan bekal kemampuan mahasiswa dari penguasaan Pembelajaran dan Materi Ajar materi Aqidah Akhlak Madrasah
Ibtidaiyah yang nantinya akan
diajarkan di Sekolah / Madrasah, lingkup
masyarakat dan pembelajarannya
sebagai bekal untuk menjadi pendidik (guru) yang profesional maupun pendamping ahli dalam bimbingan Nilai Aqidah
maupun Akhlak dilingkungan masyarakat. Untuk mencapai tujuan tersebut selain melalui ekspositori dan diskusi,
mahasiswa diberikan tugas individu terkait
Materi pembelajaran Aqidah Akhlak di Madrasah Ibtidaiyah dan pengembangan pengetahuan
seputar keteladanan yang sudah di-nash / di-tamsil- kan dalam
al-Qur’an.
b. Selain itu diberikan
beberapa konsep dan persiapan untuk
proses kegiatan Pembelajaran Aqidah Akhlak Madrasah Ibtidaiyah.
c. Pelaksanaan pembelajaran menggunakan strategi pembelajaran aktif
berbasis inquiry: inquiri sosial, penemuan ide pembelajaran, simulasi, dsb.
|
Pert
ke :
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Pokok bahasan/ Materi
|
Aktifitas Pembelajaran
|
Referensi/
Sumber Belajar
|
1
|
Kontrak Belajar, Definisi dan Nilai -Nilai Aqidah
Akhlak, materi Pembahasan Aqidah Akhlak MI.
|
- Memahami kontrak belajar
- Memahami Definisi dan Nilai-Nilai Aqidah Akhlak
- Menguasai materi Pembahasan Aqidah Akhlak MI
|
1. Pengenalan materi
2. Pemetaan Nilai Aqidah
3. Pemetaan Nilai Akhlak
|
1. Kuliah dibuka dengan
Basmalah
2. Dosen menggali
pengamatan mahasiswa terhadap materi Ajar
Aqidah Akhlak Madrasah Ibtidaiyah.
3. Diskusi tentang Definisi, Nilai
dan Manfaat Aqidah Akhlak
4. Penentuan kelompok diskusi
|
[2], [8], [9], [10], [11]
|
2
|
Memahami
ciptaan Allah S.W.T, Rukun Iman, perilaku jujur,
membiasakan
perilaku bertanggung jawab, hidup
bersih, Membiasakan perilaku disiplin
|
Mahasiswa
dapat memaparkan materi tentang :
-
Menunjukkan ciptaan Allah S.W.T,
-
Menyebutkan enam Rukun Iman,
-
Menghafal enam rukun Iman,
-
Membiasakan perilaku jujur,
-
membiasakan perilaku bertanggung jawab,
-
Membiasakan hidup bersih,
-
Membiasakan perilaku disiplin
|
1. Mengenal rukun Iman
2. Membiasakan perilaku terpuji
|
1. Kuliah dibuka dengan basmalah
2. Diskusi Materi Ajar tentang
:
- ciptaan Allah S.W.T,
- Rukun Iman,
- Perilaku jujur,
- Membiasakan perilaku bertanggung jawab,
- hidup bersih,
- Membiasakan perilaku disiplin
3. Penentuan Desain, metoode,
strategi dan media pembelajaran terkait materi Ajar
|
[6], [8], [10], [11]
[15]
|
3
|
memahami
materi tentang syahadat tauhid dan syahadat rosul, Menampilkan perilaku rajin,
menampilkan perilaku tolong menolong, Menampilkan perilaku hormat terhadap
orang tua,
Menanpilkan
adab makan dan minum, Menampilkan adab
belajar
|
Mahasiswa
dapat menyampaikan pembelajaran tentang :
-
Melafadzkan syahadat tauhid dan syahadat rosul,
-
Menghafalkan dua kalimat syahadat,
-
Mengartikan dua kalimat syahadat,
-
Menampilkan perilaku rajin, menampilkan perilaku tolong menolong,
-
Menampilkan perilaku hormat terhadap orang tua,
-
Menanpilkan adab makan dan minum, Menampilkan
adab belajar
|
1. Mengenal dua kalimat syahadat
2. Membiasakan perilaku terpuji
|
1. Kuliah dibuka dengan
basmalah
2. Diskusi Materi Ajar tentang:
- Syahadat tauhid dan syahadat rosul,
- Perilaku rajin,
- Tolong
menolong,
- Hormat terhadap
orang tua,
- Adab makan
dan minum, Menampilkan adab belajar
3. Penentuan Desain, metoode,
strategi dan media pembelajaran terkait materi Ajar
|
[1], [8], [10], [11], [15]
|
4
|
Memahami
dan merancang
pembelajaran Asmaul Khusna dan perilaku
terpuji
|
Mahasiswa dapat
melakukan kegiatan pembelajaran tentang :
-
menyebutkan lima dari asmaul husna
-
menyebutkan lima dari asmaul husna
-
menampilkan perilaku rendah hati
-
menampilkan adab buang air besar dan kecil
|
1. Mengenal Asmaul khusna
2. Mencontoh perilaku terpuji
|
1. Kuliah dibuka dengan
basmalah
2. Diskusi Materi Ajar tentang:
- Asmaul Husna
- Perilaku rendah hati
- Adab buang air besar
dan kecil
3. Penentuan Desain, metoode, strategi dan media pembelajaran
terkait materi Ajar
|
[8], [10], [11]
|
5
|
Memahami
bentuk pembelajaran tentang Asmaul Khusna, Mengartikan Lima dari Asmaul
Khusna, Mencontohkan perilaku hormat dan santun kepada guru, Menampilkan
perilaku sopan santun kepada tetangga.
|
Mahasiswa
dapat melakukan kegiatan pembelajaran tentang :
-
Menyebutkan lima dari Asmaul Khusna
-
Mengartikan Lima dari Asmaul Khusna
-
Mencontohkan perilaku hormat dan santun kepada guru
-
Menampilkan perilaku sopan santun kepada
tetangga.
|
1. Mengenal Asmaul khusna
2. Membiasakan perilaku terpuji
|
1. Kuliah dibuka dengan
basmalah
2. Diskusi Materi Ajar
tentang:
- Asmaul Khusna dan
ma’nanya
- perilaku hormat dan
santun kepada guru
- perilaku sopan santun
kepada tetangga.
3. Penentuan Desain, metoode,
strategi dan media pembelajaran terkait materi Ajar
|
[10], [11], [15]
|
6
|
Memahami bentuk
pembelajaran tentang : lima sifat wajib Allah S.W.T, Mengartikan lima sifat
wajib Allah S.W.T, Menampilkan perilaku percaya diri, Menampilkan perilaku
Tekun, Menampilkan perilaku Hemat
|
Mahasiswa dapat
melakukan kegiatan pembelajaran tentang :
-
Menyebutkan lima sifat wajib Allah S.W.T
-
Mengartikan lima sifat wajib Allah S.W.T
-
Menampilkan perilaku percaya diri
-
Menampilkan perilaku Tekun
-
Menampilkan perilaku Hemat
|
1. Mengenal sifat wajib Allah S.W.T
2. Membiasakan perilaku terpuji
|
1. Kuliah dibuka dengan
basmalah
2. Diskusi Materi Ajar tentang:
-
Sifat wajib Allah S.W.T dan ma’nanya
-
Perilaku percaya diri
-
Perilaku Tekun
-
Perilaku Hemat
3. Penentuan Desain, metoode,
strategi dan media pembelajaran terkait materi Ajar
|
[8], [10], [11]
|
7
|
Memahami bentuk
pembelajaran tentang : Sifat mustahil Allah S.W.T besrta Artinya, perilaku
setia kawan, perilaku kerja keras, menampilkan perilaku penyayang terhadap
hewan
menampilkan perilaku
penyayang lingkungan
|
Mahasiswa dapat
melakukan kegiatan pembelajaran tentang :
-
Sifat
mustahil Allah S.W.T besrta Artinya
-
menampilkan perilaku setia kawan
-
menampilkan perilaku kerja keras
-
menampilkan perilaku penyayang terhadap hewan
-
menampilkan perilaku penyayang lingkungan
|
1. Mengenal sifat mustahil Allah S.W.T
2. Membiasakan perilaku terpuji
|
1. Kuliah dibuka dengan basmalah
2. Diskusi Materi Ajar tentang:
-
Sifat mustahil Allah S.W.T besrta Artinya
-
Perilaku setia kawan
-
Perilaku kerja keras
-
Perilaku penyayang terhadap hewan
-
Perilaku penyayang lingkungan
3. Penentuan Desain, metoode,
strategi dan media pembelajaran terkait materi Ajar
|
[8], [10], [11]
|
U J I A N T E N G A H S E M E S T E R
|
|||||
8
|
Menguasai
penyampaian materi dan cara pembelajaran tentang : sifat jaiz Allah S.W.T dan ma’nanya,
Meneladani perilaku taubatnya Nabi
Adam AS, Meneladani perilaku masa
kanak-kanak Nabi Muhammad S.A.W.
|
-
Menyebutkan sifat jaiz Allah S.W.T
-
Mengartikan sifat jaiz Allah S.W.T
-
Meneladani perilaku taubatnya Nabi Adam AS
-
Meneladani perilaku masa kanak-kanak Nabi Muhammad S.A.W
|
1. Mengenal sifat jaiz Allah S.W.T
2. Membiasakan perilaku terpuji
|
1. Kuliah dibuka dengan basmalah
2. Diskusi Materi Ajar tentang:
-
Menyebutkan sifat jaiz Allah S.W.T
-
Mengartikan sifat jaiz Allah S.W.T
-
Meneladani perilaku taubatnya Nabi Adam AS
-
Meneladani perilaku masa kanak-kanak Nabi Muhammad S.A.W
3. Penentuan Desain, metoode,
strategi dan media pembelajaran terkait materi Ajar
|
[7], [8], [10], [11]
|
9
|
Menguasai
penyampaian materi dan cara pembelajaran tentang : Menjelaskan
pengertian malaikat, Menyebutkan
nama-nama malaikat, Menyebutkan
tugas malaikat,
Meneladani
perilaku Nabi Ibrahim AS
Meneladani
Nabi Ismail AS
|
Mahasiswa
mampu menerangkan Materi:
-
Pengertian
malaikat,
-
Nama-nama
malaikat,
-
Tugas
malaikat,
-
Meneladani
perilaku Nabi Ibrahim AS
-
Meneladani
Nabi Ismail AS
|
1.
Mengenal
malaikat dan tugasnya dan
2.
Membiasakan
sifat terpuji
|
1. Kuliah dibuka dengan basmalah
2. Diskusi Materi Ajar tentang:
-
Pengertian malaikat,
-
Nama-nama malaikat,
-
Tugas malaikat,
-
Meneladani perilaku Nabi Ibrahim AS
-
Meneladani Nabi Ismail AS
3. Penentuan Desain, metoode,
strategi dan media pembelajaran terkait materi Ajar
|
[1], [3], [7], [10]
|
10
|
Menguasai
penyampaian materi dan cara pembelajaran tentang : Menyebutkan nama
Kitab-kitab Allah S.W.T, Nama-nama Rasul penerima Kitab Allah S.W.T, Menjelaskan
Al-Quran sebagai kitab suci terakhir,
Meneladani
perilaku Nabi Ayyub AS, Meneladani
perilaku Nabi Musa AS, Meneladani
perilaku Nabi Isa AS
|
Mahasiswa
mampu menerangkan Materi:
-
Kitab-kitab
Allah S.W.T S.W.T,
-
Nama-nama
Rasul penerima Kitab Allah S.W.T,
-
Al-Quran
sebagai kitab suci terakhir,
-
Meneladani
perilaku Nabi Ayyub AS,
-
Meneladani perilaku Nabi Musa AS,
-
Meneladani
perilaku Nabi Isa AS
|
1. Mengenal kitab-kitab Allah S.W.T S.W.T
2. Membiasakan perilaku terpuji.
|
1. Kuliah dibuka dengan basmalah
2. Diskusi Materi Ajar tentang:
-
Kitab-kitab Allah S.W.T,
-
Nama-nama Rasul penerima Kitab Allah S.W.T,
-
Al-Quran sebagai kitab suci terakhir,
-
Meneladani perilaku Nabi Ayyub AS,
-
Meneladani perilaku Nabi Musa AS,
-
Meneladani perilaku Nabi Isa AS
3. Penentuan Desain, metoode,
strategi dan media pembelajaran terkait materi Ajar
|
[1], [7], [10]
|
11
|
Menguasai
penyampaian materi dan cara pembelajaran tentang : Nama -nama Rosullulah, Menyebutkan
nama Rosul Ulul Azmi, Membedakan Nabi dan Rosul, Meneladani khalifah Abu
Bakar, Meneladani perilaku Umar Bin Khattab, Meneladani perilaku Utsman Bin
Affan, Meneladani perilaku Utsman Bin Affan
|
Mahasiswa
mampu menerangkan Materi:
-
Nama
-nama Rosullulah
-
Rosul
Ulul Azmi
-
Membedakan
Nabi dan Rosul
-
Meneladani
khalifah Abu Bakar
-
Meneladani
perilaku Umar Bin Khattab
-
Meneladani
perilaku Utsman Bin Affan
-
Meneladani
perilaku Ali
Bin Abi Thalib
|
1. Mengenal rasol-rosul Allah S.W.T
2. membiasakan perilaku terpuji
|
1. Kuliah dibuka dengan basmalah
2. Diskusi Materi Ajar tentang:
-
Nama -nama Rosullulah
-
Rosul Ulul Azmi
-
Membedakan Nabi dan Rosul
-
Meneladani khalifah Abu Bakar
-
Meneladani perilaku Umar Bin Khattab
-
Meneladani perilaku Utsman Bin Affan
-
Meneladani perilaku Ali Bin Abi Thalib
3. Penentuan Desain, metoode,
strategi dan media pembelajaran terkait materi Ajar
|
[7], [10], [13], [14]
|
12
|
Menguasai
penyampaian materi dan cara pembelajaran tentang : Nama hari akhir, tanda-tanda hari Akhir, Menghindari
perilaku dengki dalam kisah abu lahab dan Musailamah al-Kadzab
|
Mahasiswa
mampu menerangkan Materi:
-
Nama hari akhir,
-
tanda-tanda hari Akhir,
-
Menghindari perilaku dengki dalam kisah abu lahab
-
Menghindari perilaku kebohongan Musailamah al-Kadzab
|
1. Meyakini adanya hari Akhir
2. menghindari akhlak tercela
|
1. Kuliah dibuka dengan basmalah
2. Diskusi Materi Ajar tentang:
-
Nama hari akhir,
-
Tanda-tanda hari Akhir,
-
Perilaku dengki dalam kisah abu lahab
-
Kebohongan Musailamah al-Kadzab
3. Penentuan Desain, metoode, strategi dan media pembelajaran terkait materi Ajar
|
[10], [11], [14]
|
13
|
Menguasai
penyampaian materi dan cara pembelajaran tentang : Qodha dan Qodar,
Meneladani perilaku silaturrahmi Nabi Ibrahim AS, Meneladani Ketaatan
Nabi Isa AS
|
Mahasiswa
mampu menerangkan Materi:
-
Meyakini adanya Qodha dan Qodar
-
Menunjukkan keyakinan adanya Qodha dan Qodar
-
Meneladani perilaku silaturrahmi Nabi Ibrahim AS
-
Meneladani Ketaatan Nabi Isa AS
|
1. Meyakini adanya Qodha dan Qodar
2. Membiasakan perilaku terpuji
|
1. Kuliah dibuka dengan basmalah
2. Diskusi Materi Ajar tentang:
- Meyakini adanya Qodha dan Qodar
- Menunjukkan keyakinan adanya Qodha
dan Qodar
- Meneladani perilaku silaturrahmi
Nabi Ibrahim AS
- Meneladani Ketaatan Nabi Isa AS
3. Penentuan Desain, metoode, strategi dan media pembelajaran terkait materi Ajar
|
[1], [3], [4], [7], [10],
|
14
|
Menganalisisi tentang : Kisah anak dan orang tua dalam
Al-Qur’an
|
Mahasiswa
merevew dan menganalisis Kisah Teladan anak dan
orang tua dalam Al-Qur’an meliputui :
-
Kisah Nabi Adam AS dan Anak-anaknya
-
Kisah Nabi Nuh AS dan dan Anak-anaknya
-
Kisah Nabi Ibrahim AS dan dan Anak-anaknya
-
Kisah Nabi Luth AS dan Anak Perempuannya
-
Kisah Nabi Musa AS dan Ibunya
-
Kisah Syaikh Madyan dengan Anak Putrinya
-
Kisah Nabi Daud AS dan Nabi Sulaiman AS
-
Kisah Luqman Hakim dan Anaknya
-
Kisah Nabi Zakaria AS dan Nabi Yahya AS
-
Kisah Nabi Isa AS dan Ibunya
|
Kisah
Teladan anak dan orang tua dalam Al-Qur’an
|
1. Kuliah dibuka dengan basmalah
2. Diskusi tentang kisah anak
dan orang tua dalam Al-Qur’an
3. Pemaparan Resume dan Analisis
mengenai materi Kisah Teladan anak dan orang tua
dalam Al-Qur’an
|
[1], [10]
|
Daftar Referensi
ΓΌ
Wajib :
1. Abdul Hayyie al-Katani dan Fithriyah (Terj), Kisah
Bapak dan Anak dalam Al-Qur'an, Jakarta : Gema Insani Press, 2007
2. Farid Ma’ruf, Etika Islam, Jakarta : PT Bulan
Bintang, 1993
3. Humaidi Syuhud (Terj), Nabi Ibrahim, Yogyakarta :
Mitra Pustaka, 2012
4. Humaidi Syuhud (Terj), Nabi Ismail, Yogyakarta :
Mitra Pustaka, 2012
5. Kementerian Agama,
Akidah Akhlak : Buku Guru Kelas
IV / Kementerian Agama Republik Indonesia. Jakarta : Kementerian
Agama Republik Indonesia, 2014
6. Kementerian Agama,
Akidah Akhlak : Buku Guru Kelas I / Kementerian Agama Republik
Indonesia. Jakarta : Kementerian Agama Republik Indonesia, 2014
7. Moh. Rifa’i, Riwayat 25 Nabi dan Rasul, Semarang :
PT Karya Toha Putra, 2012
8. Muslim Nurdin, dkk, Moral dan Kognisi Islam,
Bandung : Alfabeta 1995
9. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia
Nomor : 22, 23, 24, Tahun 2006 Tentang Standar Isi, Standar Kopetensi Lulusan,
Lampiran I Tentang “Standar Kompetensi dan Kompetensi Tingkat Dasar dan SDLB”.
10. Soenarjo, al Quran dan terjemahnya, Semarang
: CV ALWAAH, 1993
11. Teungku Muhammad Hasbi Ash Siddieqy, Sejarah dan
Pengantar Ilmu Tauhid/Kalam, Semarang : PT Pustaka Rizki Putra, 1987
ΓΌ Disarankan :
12. Budiman Rosady, SKI (Sejarah Kebudayaan Islam) 4, Jakarta
: Intimedia Cipta Nusantara, 2007
13. Maftuh Ahnan Asy, Kumpulan Hadits-hadits Pilihan Sohih
Bukhori, Surabaya : Terbit Terang, 2003
SUMBER BELAJAR:
1. Buku
2. web
3. Alat Peraga / simulasi dll
PERSENTASE PENILAIAN
N. hadir + N. Tugas + N. Proses + N. UTS + N.UAS
|
=
|
Nilai Akhir
|
5
|
Disusun oleh :
|
Diperiksa oleh :
|
Disahkan oleh :
|
|
Ahmad
Mukhlasin, S.Pd.I., M.Pd.I
|
Penanggungjawab Keilmuan
Nani
Kurniasih, S.T., M.Si
|
Ketua Jurusan/
Program Studi
Nani Kurniasih, S.T., M.Si
|
Dekan
Lumaur Ridho, S.Psi., M.Pd
|
No comments:
Post a Comment